5 Tips Menolong Orang Pingsan


 Pingsan adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran secara mendadak, dan biasanya hanya untuk sementara. Pingsa di sebabkan oleh kurangnya aliran darah dn oksigen ke otak. Walaupun bersifat sementara, tapi jika orang tersebut tidak dapat berganti posisi menjadi hampir horizontal, maka ia dapat mati akibat efek trauma suspensi.

Untuk itu, jika kamu melihat orang tiba-tiba jatuh pingsan, segeralah menolong dengan cara-cara yang berikut ini, agar orang tersebut segera sadar.

1. Menggunakan bau-bauan
Untuk mengembalikan kesadaran seseorang, kamu dapat menggunakan bau-bauan yang menyengat dan merangsang seperti minyak wangi, minyak kenyong-nyong, minyak kayu putih, dan masih banyak lagi.

2. Topang tubuh mereka
Jika wajah orang yang pingsan tersebut menjadi pucat, maka hal yang harus kamu lakukan adalah menopang tubuhnya dan buat tubuhnya lebih tinggi dari kepala, sanggahlah dengan sesuatu, agar daranya bisa mengalir ke kepala.

Namun, jika wajah orang pingsan tersebut berwarna merah, maka topanglah kepalanya, dan buat lebih tinggi dari tubuhnya. Supaya darah dapat mengalir ke tubuhnya.

3. Longgarkan pakaiannya
Jika pakaian yang dipakai korban terlalu ketat, maka kamu bisa mengendurkannya agar darahnya dapat mudah mengalir, dan bernapas dengan lega.

4. Jangan bergerombol
Sering kali orang-orang akan bergerombol ketika melihat seseorang jatuh pingsan. Sebaiknya hal itu dihindari karena jika orang-orang bergerombol aka membuat korban menjadi susah mendapatkan udara yang segar.

5. Minuman manis
Jika orang tersebut sudah siuman atau sadar, maka berilah dia air gula atau teh, namun jika orang tersebut terkena penyakit diabetes, makan jangan di beri gula.

sumber http://terselubung.in/5-tips-menolong-orang-pingsan-2

Bagikan

Jangan lewatkan

5 Tips Menolong Orang Pingsan
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.